Pilah Sampah Mulai dari Rumah

Pilah Sampah Mulai dari Rumah

DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon terus melanjutkan rangkaian Lomba RW Bersih Tingkat Kota Cirebon. Usai menyambangi Kelurahan Larangan dan Kelurahan Kalijaga pada hari pertama tahap penilaian, Selasa (6/7) lalu, Tim Juri DLH Kota Cirebon melakukan verifikasi dan penilaian terhadap perwakilan Kelurahan Kecapi, Rabu (7/7).

Kepala DLH Kota Cirebon, Kadini SSos menyatakan, melalui Lomba RW Bersih ini, pihaknya berharap dapat menumbuhkan kesadaran dan budaya masyarakat dalam mengelola dan mengolah sampah.

Masyarakat dapat memulainya dengan memilah sampah di rumah masing-masing. Memanfaatkan sampah menjadi barang yang berdaya guna. Serta mengubahnya menjadi produk yang bernilai rupiah.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi sampah di Kota Cirebon yang dibuang langsung ke TPA Kopiluhur Kota Cirebon. “Melalui lomba ini mudah-mudahan masyarakat sadar akan pentingnya memilah sampah di tingkat rumah tangga,” ucap Kadini.

Sementara itu, dalam kunjunganya ke RW 11 Budi Asih, Tim Juri langsung melakukan verifikasi lapangan. Mulai dari memantau eksisting kebersihan, pengelolaan dan pengolahan sampah hingga penghijauan di RW tersebut.

Ketua RW 11 Budi Asih, Heryawan mengaku senang akhirnya RW 11 Budi Asih mendapatkan kesempatan untuk dinilai oleh Tim Juri. Walaupun mengaku tak mempersiapkanya secara khusus, namun dirinya yakin RW 11 Budi Asih bisa menjadi salah satu RW terbaik.

RW 11 Budi Asih sendiri, lanjut Heryawan, terus berusaha mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Selain mengelola sampah supaya tidak mengotori lingkungan, dirinya juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk penghijauan.

“Kami juga mengajak warga untuk memilah sampah dari rumah. Sampah plastik dan sampah organik dipisah. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan oleh semuanya,” ucapnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah menjadi barang yang berdaya guna. Seperti memanfaatkan sampah plastik bekas kemasan menjadi produk kerajinan menarik seperti tas, tikar, tempat tisu dan sebagainya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: